MAKALAH
PROSES TRANSAKSI DI TOKO ALFAMART
NIK :12193327
TOKO : SAT.TELAGA SARANGAN/C570
PT.SUMBER ALFARIA TRIJAYA Tbk
JL.INDUSTRI SELATAN 6 BLOK PP NO.10 DESA PASIR SARI KECAMATAN CIKARANG SELATAN KABUP
MAKALAH
PROSES TRANSAKSI DI TOKO
NIK :12193327
TOKO : SAT.TELAGA SARANGAN/C570
PT.SUMBER ALFARIA TRIJAYA Tbk
JL.INDUSTRI SELATAN 6 BLOK PP NO.10 DESA PASIR SARI KECAMATAN CIKARANG SELATAN KABUPATEN BEKASI
VISI ALFAMART
“ Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas,berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil,pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen,serta manpu bersaing secara global “
BUDAYA KERJA ALFAMART
( 2 I & 3 K )
Integritas yang tinggi
Inovasi untuk kemajuan yang lebih baik
Kualitas & Produktivitas yang tertinggi
Kerjasama team
Kepuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang terbaik
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb.
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat,karunia, serta taufik dan hidayah Nya saya dapat menyelesaikan makalah tentang “PROSES TRANSAKSI DI TOKO”
Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan saya mengenai proses teransaksi di toko.
Sebagai manusia biasa saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan. Segala kritikan dan masukan dari semua pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya demi mencapai kesempurnaan makalah ini.
Wasalamualaikum Wr.Wb
Bekasi,11 Oktober 2016
penulis,
DAFTAR ISI
KATAPENGANTAR.......................................................................................... i
DAFTAR ISI...................................................................................................... ii
BAB 1 PENDAHULUAN................................................................................ 1
1. LATAR BELAKANG........................................................................... 1
BAB 2 PEMBAHASAN................................................................................... 2
EDC........................................................................................................ 2
E-trans..................................................................................................... 3
PLN Briss................................................................................................ 4
A kios...................................................................................................... 5
Top up E-toll /Flass................................................................................. 6
Penggunaan voucher belanja................................................................... 7
Penukaran stamp..................................................................................... 8
Transaksi kantong plastic....................................................................... 9
BAB 3 PENUTUP.......................................................................................... 10
1. KESIMPULAN.............................................................................. 10
2. PENUTUP...................................................................................... 10
BAB 1
PENDAHULUAN
1.Latar belakang
Seiring perubahan jaman yang begitu pesat di indonesia saat ini perubahan pasar tradisional menjadi pasar modern guna pemenuhan kebutuhan hidup yang lebih layak,terutama yang menyangkut kebutuhan sehari hari baik kebutuhan primer,serta kebutuhan sekunder terus miningkat.
Hal ini yang mendorong para pengusaha untuk mengembangkan usahanya dibidang retail,yang semula toko biasa yang jual sembako, diubah menjadi minimarket ( Alfamart ) berharap dapat memberikan pemenuhan kebutuhan konsumen yang layak dan senyaman mungkin dengan pelayannan yang terbaik melalui SOP yang di miliki Alfamart,serta menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas,berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil,pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen serta mampu bersaing secara global.
Dan ikut berpartisipasi dalam membangun bangsa,dengan menumbuhkembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha,membangun organisasi terpercaya,tersehat dan terus dan kemitraan usaha,membangun organisasi terpercaya,tersehat dan terustumbuh serta bermanfaat bagi konsumen dan masyarakat luas pada umumnya.
Penulis,
WAWAN
16040234
BAB II
PEMBAHASAN
EDC
Mesin EDC ( Electronic Data Capture ) atau yang lebih dikenal dengan ATM Mini adalah Mesin yang berfungsi sebagai sarana penyedia transaksi dan alat pembayaran yang penggunaannya dengan cara memasukkan atau menggesek kartu ATM, kartu debit maupun kartu kredit serta dilengkapi dengan fasilitas pembayaran lainnya yang terkoneksi secara realtime.
Seiring dengan berkembangnya teknologi perbankan, masyarakat dimanjakan dengan adanya beragam fasilitas, mulai dari SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, ATM dan kemudahan berbelanja hanya dengan selembar kartu di Mesin EDC.
Fitur pada mesin EDC kartu kredit dan kartu debit
Beberapa fitur yang ada pada mesin EDC saat bertransaksi dengan kartu kredit dan kartu debit (kartu ATM) adalah :
a. SALE : adalah fitur pembayaran penjualan. Pada saat kartu kredit di masukkan ataupun kartu debit di gesek. Akan ada tampilan masukan nilai pembayaran. Transaksi berhasil saat kertas print out keluar.
b.VOID : adalah pembatalan transaksi pembayaran. Saat transaksi sale sudah di lakukan dan berhasil. Transaksi masih dapat di batalkan dengan memilih fitur void namun sebelum melakukan settlement.
c.SETTLEMENT : adalah fitur transfer dari bank ke merchant / toko. jumlah total transaksi yang terjadi dalam satu hari. Apabila tidak di lakukan settlement bila ada transaksi, maka uang dari transaksi tersebut belum di transfer oleh bank ke rekening merchant / toko.
Adapun jenis-jenis edc yang sering kita gunakan di toko sbb.
A.EDC BCA
1 Cara transaksi debit.
a. Gesek kartu debit pada mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter / tombol warna hijau
c. Terus tanya custamer apakah mau cash out atau tidak terus klik enter
d. Masukan no pin pelanggan, setelah pin di masukan klik enter dan tunggu struk edc keluar.
2.Transaksi kartu kredit ,
a. masukan kartu kredit kedalam mesin edc
b. masukan nominal belanja klik enter
c. masukan no pin customer
d. klik enter dan tunggu struk edc keluar
3. Transaksi flazz/pembayaran dan topup
a. Pembayaran flazz pilih menu flazz di edc bca. Kemudian pilih payment,masukan nominal belanja kemudian enter/tombol warna hijau, tempelkan kartu flazz dan tunggu sampai struk edc keluar.
b. Top up flazz bca pilih menu top up di edc bca kemudian pilih nominal top up pada edc bca , kemudian gesek kartu sumber dana dan masukan pin ,masukan kartu flazz ke edc bca dan tunggu sampai struk edc bca keluar.
B.EDC MANDIRI
1. Transaksi kartu debit
a. Gesek kartu debit pada mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter / tombol warna hijau
c. Masukan no pin klik enter dan tunggu struk edc keluar
2. Transaksi kartu kredit
a. Masukan kartu kredit kedalam mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter
c. Masukan no pin customer
d. Klik enter dan tunggu struk edc keluar
3. Pembayaran e-toll
a. Pilih menu prepaid
b. Kemudian pilih menu sale
c. Masukan nominal belanja
d. Kemudian klik enter dan tempelkan kartu e-toll ke edc mandiri tunggu struk edc admin@mas-sugeng.com pada edc mandiri kemudian enter
e. Kemudian gesek kartu sumber dana dan masukan pin
f. Kemudian tempelkan kartu e-tol pada edc mandiri tunggu hingga struk edc keluar
C.EDC BRI
1. Transaksi debit
a. Gesek kartu debit pada mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter / tombol warna hijau
c. Masukan no pin klik enter dan tunggu struk edc keluar
2 . Transaksi kartu kredit
a. Masukan kartu kredit kedalam mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter
c. Masukan no pin customer
d. Klik enter dan tunggu struk edc keluar
3 Transaksi T-Cash
a. Pilih menu F1(more menu)
b. Pilih jenis transaksi nomer 3(T-cash)
c. Pilih 1 (sale)
d. Masukkan nominal belanja , kemudian Enter
e. Tempelkan T-cash nya pada bagian mesin EDC
f. Tunggu sampai struk keluar dan berhasil.
D.EDC BNI
1. Transaksi debit
a. Gesek kartu debit pada mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter / tombol warna hijau
c. Masukan no pin klik enter dan tunggu struk edc keluar
2. Transaksi kartu debit
a. Masukan kartu kredit kedalam mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter
c. Masukan no pin customer
d. Klik enter dan tunggu struk edc keluar
Cara melakukan settlement pada mesin BCA
• Pilih Function input angka 79
• Pilih Summarry
• Lalu Enter dan pilih menu Settlement , masukkan password “ 3636”, enter.
• Akan keluar struk settlement dari mesin edisi BCA.
Cara melakukan settlement pada mesin Mandiri
• Tekan menu ( tombol navigasi)
• Pilih menu function, tekan OK
• Pilih menu settlement, tekan OK
• Masukkan password “1400” pada EDC, lalu Ok
• Struk settlement akan keluar dari mesin.
Cara settlement pada mesin BNI
• Tekan tombol navigasi
• Tekan F1 (main menu)
• Pilih settlement (F1) lalu input password “0000”, tekan Ok
• Settlement berhasil.
Cara settlement pada mesin BRI
• Tekan tombol navigasi (F4)
• Masukkan password ,tekan Enter
• Settlement berhasil.
E-TRANS
E-trans adalah aplikasi untuk pembayaran atau pembelian transaksi Ecomers contoh (bayar angsuran motor, pembelian pulsa dan pemesanan tiket kereta api)
MENU- MENU E-TRANS
1. Pembelian
a. E-voucher (hp dan paket internet
b. E-voucher game online
c. E-voucher tv
d. E-voucher grab
e. E-voucher gift card
f. Retur /void transaksi e-trans
g. Kembali
2. Pembayaran
a. Pembayaran angsuran/ cicilan
b. Pembayaran belanja online
c. Pembayaran tagihan
d. Pembayaran TV berlangganan internet
e. Pembayaran rekneing air minum/PDAM
f. Pembayaran pajak
g. Pembayaran asuransi dan Bpjs kesehatan
h. Pembayaran biaya kuliah
i. Pembayaran tenant
3. Pemesanan
4. Pendaftaran
5. Top up
6. Kartu aku dan pengecekan e-voucer
7. Pengeriman dokumen/barang
8. Settlement
A. Administrasi
B. Albi 123
T. E-tiket
R. Ambil uang
H. Help
G. Ganti password
9. Keluar
Dalam E-trans terdapat banyak transaksi . Salah satu contohnya adalah sebagai berikut:
Contoh pembayaran angsuran cicillan barang / motor
a. Masuk menu e-trans dan masukan nik dan pin untuk login
b. Pilih menu (2) pembayaran
c. Pilih menu (1) pembayaran angsuran/cicilan
d. Setelah itu pilih menu (1) pembayaran multi finance
e. Pilh finance yang ingin di bayarkan kemudian pilih ok
f. Pilih menu (1) pembayaran
g. Masukan nomor kontrak ,pilih menu cari data dan tunggu sampai identitas terdaftar
h. Kemudian ok dan tanyakan pembayarannya tunai /non tunai (tunai)
i. tunggu sampai struk tercetak
contoh transaksi pulsa di e-trans
a. Masuk ke menu E-trans dan masukan Nik dan Pin untuk login
b. Pilih menu (1) pembelian
c. Pilih menu (1) E-voucher (Hp dan paket internet)
d. Pilih menu (1) pembelian
e. Masukkan nomer Hp , kode Plu voucher atau tekan” Shift + ?” , nomor Bon , kode voucher.
f. Jika pengisian sudah benar , tekan Ok kemudian proses.
g. Jika berhasil akan keluar struk transaksi.
AKIOS
Akios adalah alat transaksi /pembayaran untuk mempermudah customer saat melakukan transaksi pulsa atau pembayaran kredit motor atau barang ,adapun langkah-langkahnya sbb:
1.Transaksi pulsa
a. Di menu utama akios,pilih menu layanan e-transaksi
b. Kemudian klik menu isi ulang pulsa
c. Pilih jenis operator yang anda inginkan.
d. Pilih nominal pulsa yang anda inginkan
e. Masukan no handpone kemudian klik lanjut dan akan muncul no antrian anda
f. Kemudian lakukan pembayaran di kasir agar pul;sa dapat di proses
kemudian kasir cukup memilih menu kios di pos, kemudian f2 dan pilih no urut yang diberikan custamer tersebut
g. Klik tombol ambil proses nanti akan muncul di pos ,kemudian klik plus / enter dan cashtaen,dan tansaksi selesai.
2. Transaksi pembayaran cicilan
a. Di menu utama a-kios ,pilih menu layanan e-transaksi
b. Pilih finance yang di ingin kan
c. Pilih pembayaran
d. Masukan no kontrak klik lanjut,dan tunggu beberapa saat sampai mendapat no antrian.
3.Pembelian Tiket Pesawat / Kereta Api / Hotel
a. Pilih layanan E-Transaksi
b. Pilih Menu : Tiket Pesawat/Kereta Api/Hotel
c. Tetukan kota tujuan dan data pribadi dengan benar
d. Nomor antrian pembayaran kasir akan tampil dilayar
e. Bayar di kasir.
PLN BRISS
Merupakan menu yang digunakan untuk melakukan pembayaran listrik bulanan(postpaid) dan untuk pembelian pulsa token (prepaid).
Cara pembayaran listrik bulanan(postpaid) :
- Masuk ke menu kasir pilih non commerce, lalu klik PLN Briss .
klik pembayaran (F5), masukkan nomer ID pelanggan, maka akan muncul nominal tagihan listrik yang harus dibayar oleh customer. Konfirmasikan jumlah tagihan dan terima uang terlebih dahulu sebelum ditransaksikan. Klik bayar dan cetak. Transaksi selesai.
Cara pengisian pulsa token (prepaid)
- Masuk k menu kasir pilih non-commerce , lalu klik PLN Briss.
Klik pembelian (F6), masukkan nomer meter pelanggan, maka akan muncul nama pelanggan dan pilihan nominal transaksi yang akan diisi.
Terima uang terlebih dahulu. Klik bayar dan cetak . transaksi berhasil.
Untuk melihat transaksi settlement sementara bisa dilihat di report(F9)
Cara settlement PLN Briss
- Masuk ke menu kasir pilih non-commerce ,lalu klik settlement(F7 ).
Maka akan muncul total transaksi selama satu hari. Klik Proses ,lalu cetak.. settlement selesai.
PENGGUNAAN VOUCHER BELANJA
Voucher belanja adalah salah satu alat transaksi pembayaran pengganti uang yang biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan.
Jenis-jenis voucher ada voucher fisik ( Sodexo, alf a family, alfa gift card) dan voucher non fisik/ elektronik biasanya berupa kode voucher yang didapat dari sms, kartu ponta atau social media lainnya.
Langkah-langkah transaksi Voucher fisik yaitu :
1. Customer harus belanja terlebih dahulu sesuai dengan nominal voucher yang dia punya.
2. Pembelanjaan tidak boleh kurang dari nominal voucher.
3. Di menu pembayaran pilih menu voucher, kemudian pilih voucher yang diinginkan.
4. Contoh voucher Sodexo, pilihan voucher pilih Eksternal , tekan F2 pilih Sodexo
5. Kemudian scan barcoude voucher , tekan enter.
6. Kemudian klik cash jika nominal belanja melebihi voucher
7. Klik plus kemudian enter transaksi selesai.
Langkah –langkah transaksi voucher elektronik atau non fisik yaitu:
1. Customer harus belanja terlebih dahulu sesuai dengan nominal voucher yang dia punya.
2.
3. Pembelanjaan tidak boleh kurang dari nominal voucher.
4. Di menu pembayaran pilih menu voucher
5. Kemudian pilih a-voucher nominal rupiah
6. Kemudian masukan kode registrasi , enter proses
7. Kemudian klik cash jika nominal belanja melebihi voucher
8. Klik plus kemudian enter transaksi selesai.
(Note : POS harus dalam keadaan online)
CARA PENUKARAN STAMP ROYAL VKB
Dalam proses penukaran terbagi dalam 2 cara yaitu :
1. Stamp fisik
a. Masuk ke menu pos kasir
b. Scan produk royal vkb yang akan ditukarkan oleh customer / f2 ketik alfamart royal vkb
c. Masukkan Plu stamp vkb sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
d. Enter plus masuk menu pembayaran ,lalu enter plus . selesai.
2. Stamp digital
a. Masuk ke menu pos kasir
b. Scan kartu ponta alfamart yang sudah terdaftar pada aplikasi alfastamp
c. Pada pos kasir, pilih promo
d. Klik redeem digital stamp
e. Pilih produk royal vkb yang akan ditukarkan dengan cara memberi tanda Ö
f. Klik ambil, kemudian enter plus, selesai.
CARA TRANSAKSI KANTONG PLASTIK
Dalam proses penukaran terbagi dalam 3 cara yaitu
1, Kantong plastik berbayar
a. Input plu plastik yang di butuhkan sesuai dengan jumlah belanjaan
b. Kemudian plus jika customer memiliki member tekan ya jika tidak tekan tidak
c. Kemudian tekan tombol plus, enter, dan plus selesai tunggu sampai keluar struk.
2, Kantong plastik gratis menggunakan member ponta/biasa
a. Tekan f6 kemudian scan member
b. Input plu plastik yang di butuhkan sesuai dengan jumlah belanja
c. Pilih menu other member
d. Kemudin masukan angka 3
e. Kemudian plus dan enter
f. Masukan nominal belanja dan cas tan selesai
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa semua system transaksi yang telah diterapkan pada perusahaan riteil Alfamart merupakan alat atau sarana untuk mempermudah karyawan dalam bertransaksi untuk customer bertujuan untuk kemajuan perusahaan.
2. Saran
Apabila di benak rekan-rekan sekalian ada hal-hal atau pikiran juga metode baru yang dapat meningkatkan kinerja karyawan demi memajukan perusahaan Alfamart, khususnya dapat kiranya langsung diajukan untuk selanjutnya diterapkan dan disebarluaskan.
WAWANATEN BEKASI
VISI ALFAMART
“ Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas,berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil,pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen,serta manpu bersaing secara global “
BUDAYA KERJA ALFAMART
( 2 I & 3 K )
Integritas yang tinggi
Inovasi untuk kemajuan yang lebih baik
Kualitas & Produktivitas yang tertinggi
Kerjasama team
Kepuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang terbaik
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb.
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat,karunia, serta taufik dan hidayah Nya saya dapat menyelesaikan makalah tentang “PROSES TRANSAKSI DI TOKO”
Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan saya mengenai proses teransaksi di toko.
Sebagai manusia biasa saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan. Segala kritikan dan masukan dari semua pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya demi mencapai kesempurnaan makalah ini.
Wasalamualaikum Wr.Wb
Bekasi,11 Oktober 2016
penulis,
(LKMAN)
DAFTAR ISI
KATAPENGANTAR.......................................................................................... i
DAFTAR ISI...................................................................................................... ii
BAB 1 PENDAHULUAN................................................................................ 1
1. LATAR BELAKANG........................................................................... 1
BAB 2 PEMBAHASAN................................................................................... 2
EDC........................................................................................................ 2
E-trans..................................................................................................... 3
PLN Briss................................................................................................ 4
A kios...................................................................................................... 5
Top up E-toll /Flass................................................................................. 6
Penggunaan voucher belanja................................................................... 7
Penukaran stamp..................................................................................... 8
Transaksi kantong plastic....................................................................... 9
BAB 3 PENUTUP.......................................................................................... 10
1. KESIMPULAN.............................................................................. 10
2. PENUTUP...................................................................................... 10
BAB 1
PENDAHULUAN
1.Latar belakang
Seiring perubahan jaman yang begitu pesat di indonesia saat ini perubahan pasar tradisional menjadi pasar modern guna pemenuhan kebutuhan hidup yang lebih layak,terutama yang menyangkut kebutuhan sehari hari baik kebutuhan primer,serta kebutuhan sekunder terus miningkat.
Hal ini yang mendorong para pengusaha untuk mengembangkan usahanya dibidang retail,yang semula toko biasa yang jual sembako, diubah menjadi minimarket ( Alfamart ) berharap dapat memberikan pemenuhan kebutuhan konsumen yang layak dan senyaman mungkin dengan pelayannan yang terbaik melalui SOP yang di miliki Alfamart,serta menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas,berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil,pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen serta mampu bersaing secara global.
Dan ikut berpartisipasi dalam membangun bangsa,dengan menumbuhkembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha,membangun organisasi terpercaya,tersehat dan terus dan kemitraan usaha,membangun organisasi terpercaya,tersehat dan terustumbuh serta bermanfaat bagi konsumen dan masyarakat luas pada umumnya.
Penulis,
WAWAN
16040234
BAB II
PEMBAHASAN
EDC
Mesin EDC ( Electronic Data Capture ) atau yang lebih dikenal dengan ATM Mini adalah Mesin yang berfungsi sebagai sarana penyedia transaksi dan alat pembayaran yang penggunaannya dengan cara memasukkan atau menggesek kartu ATM, kartu debit maupun kartu kredit serta dilengkapi dengan fasilitas pembayaran lainnya yang terkoneksi secara realtime.
Seiring dengan berkembangnya teknologi perbankan, masyarakat dimanjakan dengan adanya beragam fasilitas, mulai dari SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, ATM dan kemudahan berbelanja hanya dengan selembar kartu di Mesin EDC.
Fitur pada mesin EDC kartu kredit dan kartu debit
Beberapa fitur yang ada pada mesin EDC saat bertransaksi dengan kartu kredit dan kartu debit (kartu ATM) adalah :
a. SALE : adalah fitur pembayaran penjualan. Pada saat kartu kredit di masukkan ataupun kartu debit di gesek. Akan ada tampilan masukan nilai pembayaran. Transaksi berhasil saat kertas print out keluar.
b.VOID : adalah pembatalan transaksi pembayaran. Saat transaksi sale sudah di lakukan dan berhasil. Transaksi masih dapat di batalkan dengan memilih fitur void namun sebelum melakukan settlement.
c.SETTLEMENT : adalah fitur transfer dari bank ke merchant / toko. jumlah total transaksi yang terjadi dalam satu hari. Apabila tidak di lakukan settlement bila ada transaksi, maka uang dari transaksi tersebut belum di transfer oleh bank ke rekening merchant / toko.
Adapun jenis-jenis edc yang sering kita gunakan di toko sbb.
A.EDC BCA
1 Cara transaksi debit.
a. Gesek kartu debit pada mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter / tombol warna hijau
c. Terus tanya custamer apakah mau cash out atau tidak terus klik enter
d. Masukan no pin pelanggan, setelah pin di masukan klik enter dan tunggu struk edc keluar.
2.Transaksi kartu kredit ,
a. masukan kartu kredit kedalam mesin edc
b. masukan nominal belanja klik enter
c. masukan no pin customer
d. klik enter dan tunggu struk edc keluar
3. Transaksi flazz/pembayaran dan topup
a. Pembayaran flazz pilih menu flazz di edc bca. Kemudian pilih payment,masukan nominal belanja kemudian enter/tombol warna hijau, tempelkan kartu flazz dan tunggu sampai struk edc keluar.
b. Top up flazz bca pilih menu top up di edc bca kemudian pilih nominal top up pada edc bca , kemudian gesek kartu sumber dana dan masukan pin ,masukan kartu flazz ke edc bca dan tunggu sampai struk edc bca keluar.
B.EDC MANDIRI
1. Transaksi kartu debit
a. Gesek kartu debit pada mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter / tombol warna hijau
c. Masukan no pin klik enter dan tunggu struk edc keluar
2. Transaksi kartu kredit
a. Masukan kartu kredit kedalam mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter
c. Masukan no pin customer
d. Klik enter dan tunggu struk edc keluar
3. Pembayaran e-toll
a. Pilih menu prepaid
b. Kemudian pilih menu sale
c. Masukan nominal belanja
d. Kemudian klik enter dan tempelkan kartu e-toll ke edc mandiri tunggu struk edc admin@mas-sugeng.com pada edc mandiri kemudian enter
e. Kemudian gesek kartu sumber dana dan masukan pin
f. Kemudian tempelkan kartu e-tol pada edc mandiri tunggu hingga struk edc keluar
C.EDC BRI
1. Transaksi debit
a. Gesek kartu debit pada mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter / tombol warna hijau
c. Masukan no pin klik enter dan tunggu struk edc keluar
2 . Transaksi kartu kredit
a. Masukan kartu kredit kedalam mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter
c. Masukan no pin customer
d. Klik enter dan tunggu struk edc keluar
3 Transaksi T-Cash
a. Pilih menu F1(more menu)
b. Pilih jenis transaksi nomer 3(T-cash)
c. Pilih 1 (sale)
d. Masukkan nominal belanja , kemudian Enter
e. Tempelkan T-cash nya pada bagian mesin EDC
f. Tunggu sampai struk keluar dan berhasil.
D.EDC BNI
1. Transaksi debit
a. Gesek kartu debit pada mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter / tombol warna hijau
c. Masukan no pin klik enter dan tunggu struk edc keluar
2. Transaksi kartu debit
a. Masukan kartu kredit kedalam mesin edc
b. Masukan nominal belanja klik enter
c. Masukan no pin customer
d. Klik enter dan tunggu struk edc keluar
Cara melakukan settlement pada mesin BCA
• Pilih Function input angka 79
• Pilih Summarry
• Lalu Enter dan pilih menu Settlement , masukkan password “ 3636”, enter.
• Akan keluar struk settlement dari mesin edisi BCA.
Cara melakukan settlement pada mesin Mandiri
• Tekan menu ( tombol navigasi)
• Pilih menu function, tekan OK
• Pilih menu settlement, tekan OK
• Masukkan password “1400” pada EDC, lalu Ok
• Struk settlement akan keluar dari mesin.
Cara settlement pada mesin BNI
• Tekan tombol navigasi
• Tekan F1 (main menu)
• Pilih settlement (F1) lalu input password “0000”, tekan Ok
• Settlement berhasil.
Cara settlement pada mesin BRI
• Tekan tombol navigasi (F4)
• Masukkan password ,tekan Enter
• Settlement berhasil.
E-TRANS
E-trans adalah aplikasi untuk pembayaran atau pembelian transaksi Ecomers contoh (bayar angsuran motor, pembelian pulsa dan pemesanan tiket kereta api)
MENU- MENU E-TRANS
1. Pembelian
a. E-voucher (hp dan paket internet
b. E-voucher game online
c. E-voucher tv
d. E-voucher grab
e. E-voucher gift card
f. Retur /void transaksi e-trans
g. Kembali
2. Pembayaran
a. Pembayaran angsuran/ cicilan
b. Pembayaran belanja online
c. Pembayaran tagihan
d. Pembayaran TV berlangganan internet
e. Pembayaran rekneing air minum/PDAM
f. Pembayaran pajak
g. Pembayaran asuransi dan Bpjs kesehatan
h. Pembayaran biaya kuliah
i. Pembayaran tenant
3. Pemesanan
4. Pendaftaran
5. Top up
6. Kartu aku dan pengecekan e-voucer
7. Pengeriman dokumen/barang
8. Settlement
A. Administrasi
B. Albi 123
T. E-tiket
R. Ambil uang
H. Help
G. Ganti password
9. Keluar
Dalam E-trans terdapat banyak transaksi . Salah satu contohnya adalah sebagai berikut:
Contoh pembayaran angsuran cicillan barang / motor
a. Masuk menu e-trans dan masukan nik dan pin untuk login
b. Pilih menu (2) pembayaran
c. Pilih menu (1) pembayaran angsuran/cicilan
d. Setelah itu pilih menu (1) pembayaran multi finance
e. Pilh finance yang ingin di bayarkan kemudian pilih ok
f. Pilih menu (1) pembayaran
g. Masukan nomor kontrak ,pilih menu cari data dan tunggu sampai identitas terdaftar
h. Kemudian ok dan tanyakan pembayarannya tunai /non tunai (tunai)
i. tunggu sampai struk tercetak
contoh transaksi pulsa di e-trans
a. Masuk ke menu E-trans dan masukan Nik dan Pin untuk login
b. Pilih menu (1) pembelian
c. Pilih menu (1) E-voucher (Hp dan paket internet)
d. Pilih menu (1) pembelian
e. Masukkan nomer Hp , kode Plu voucher atau tekan” Shift + ?” , nomor Bon , kode voucher.
f. Jika pengisian sudah benar , tekan Ok kemudian proses.
g. Jika berhasil akan keluar struk transaksi.
AKIOS
Akios adalah alat transaksi /pembayaran untuk mempermudah customer saat melakukan transaksi pulsa atau pembayaran kredit motor atau barang ,adapun langkah-langkahnya sbb:
1.Transaksi pulsa
a. Di menu utama akios,pilih menu layanan e-transaksi
b. Kemudian klik menu isi ulang pulsa
c. Pilih jenis operator yang anda inginkan.
d. Pilih nominal pulsa yang anda inginkan
e. Masukan no handpone kemudian klik lanjut dan akan muncul no antrian anda
f. Kemudian lakukan pembayaran di kasir agar pul;sa dapat di proses
kemudian kasir cukup memilih menu kios di pos, kemudian f2 dan pilih no urut yang diberikan custamer tersebut
g. Klik tombol ambil proses nanti akan muncul di pos ,kemudian klik plus / enter dan cashtaen,dan tansaksi selesai.
2. Transaksi pembayaran cicilan
a. Di menu utama a-kios ,pilih menu layanan e-transaksi
b. Pilih finance yang di ingin kan
c. Pilih pembayaran
d. Masukan no kontrak klik lanjut,dan tunggu beberapa saat sampai mendapat no antrian.
3.Pembelian Tiket Pesawat / Kereta Api / Hotel
a. Pilih layanan E-Transaksi
b. Pilih Menu : Tiket Pesawat/Kereta Api/Hotel
c. Tetukan kota tujuan dan data pribadi dengan benar
d. Nomor antrian pembayaran kasir akan tampil dilayar
e. Bayar di kasir.
PLN BRISS
Merupakan menu yang digunakan untuk melakukan pembayaran listrik bulanan(postpaid) dan untuk pembelian pulsa token (prepaid).
Cara pembayaran listrik bulanan(postpaid) :
- Masuk ke menu kasir pilih non commerce, lalu klik PLN Briss .
klik pembayaran (F5), masukkan nomer ID pelanggan, maka akan muncul nominal tagihan listrik yang harus dibayar oleh customer. Konfirmasikan jumlah tagihan dan terima uang terlebih dahulu sebelum ditransaksikan. Klik bayar dan cetak. Transaksi selesai.
Cara pengisian pulsa token (prepaid)
- Masuk k menu kasir pilih non-commerce , lalu klik PLN Briss.
Klik pembelian (F6), masukkan nomer meter pelanggan, maka akan muncul nama pelanggan dan pilihan nominal transaksi yang akan diisi.
Terima uang terlebih dahulu. Klik bayar dan cetak . transaksi berhasil.
Untuk melihat transaksi settlement sementara bisa dilihat di report(F9)
Cara settlement PLN Briss
- Masuk ke menu kasir pilih non-commerce ,lalu klik settlement(F7 ).
Maka akan muncul total transaksi selama satu hari. Klik Proses ,lalu cetak.. settlement selesai.
PENGGUNAAN VOUCHER BELANJA
Voucher belanja adalah salah satu alat transaksi pembayaran pengganti uang yang biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan.
Jenis-jenis voucher ada voucher fisik ( Sodexo, alf a family, alfa gift card) dan voucher non fisik/ elektronik biasanya berupa kode voucher yang didapat dari sms, kartu ponta atau social media lainnya.
Langkah-langkah transaksi Voucher fisik yaitu :
1. Customer harus belanja terlebih dahulu sesuai dengan nominal voucher yang dia punya.
2. Pembelanjaan tidak boleh kurang dari nominal voucher.
3. Di menu pembayaran pilih menu voucher, kemudian pilih voucher yang diinginkan.
4. Contoh voucher Sodexo, pilihan voucher pilih Eksternal , tekan F2 pilih Sodexo
5. Kemudian scan barcoude voucher , tekan enter.
6. Kemudian klik cash jika nominal belanja melebihi voucher
7. Klik plus kemudian enter transaksi selesai.
Langkah –langkah transaksi voucher elektronik atau non fisik yaitu:
1. Customer harus belanja terlebih dahulu sesuai dengan nominal voucher yang dia punya.
2.
3. Pembelanjaan tidak boleh kurang dari nominal voucher.
4. Di menu pembayaran pilih menu voucher
5. Kemudian pilih a-voucher nominal rupiah
6. Kemudian masukan kode registrasi , enter proses
7. Kemudian klik cash jika nominal belanja melebihi voucher
8. Klik plus kemudian enter transaksi selesai.
(Note : POS harus dalam keadaan online)
CARA PENUKARAN STAMP ROYAL VKB
Dalam proses penukaran terbagi dalam 2 cara yaitu :
1. Stamp fisik
a. Masuk ke menu pos kasir
b. Scan produk royal vkb yang akan ditukarkan oleh customer / f2 ketik alfamart royal vkb
c. Masukkan Plu stamp vkb sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
d. Enter plus masuk menu pembayaran ,lalu enter plus . selesai.
2. Stamp digital
a. Masuk ke menu pos kasir
b. Scan kartu ponta alfamart yang sudah terdaftar pada aplikasi alfastamp
c. Pada pos kasir, pilih promo
d. Klik redeem digital stamp
e. Pilih produk royal vkb yang akan ditukarkan dengan cara memberi tanda Ö
f. Klik ambil, kemudian enter plus, selesai.
CARA TRANSAKSI KANTONG PLASTIK
Dalam proses penukaran terbagi dalam 3 cara yaitu
1, Kantong plastik berbayar
a. Input plu plastik yang di butuhkan sesuai dengan jumlah belanjaan
b. Kemudian plus jika customer memiliki member tekan ya jika tidak tekan tidak
c. Kemudian tekan tombol plus, enter, dan plus selesai tunggu sampai keluar struk.
2, Kantong plastik gratis menggunakan member ponta/biasa
a. Tekan f6 kemudian scan member
b. Input plu plastik yang di butuhkan sesuai dengan jumlah belanja
c. Pilih menu other member
d. Kemudin masukan angka 3
e. Kemudian plus dan enter
f. Masukan nominal belanja dan cas tan selesai
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa semua system transaksi yang telah diterapkan pada perusahaan riteil Alfamart merupakan alat atau sarana untuk mempermudah karyawan dalam bertransaksi untuk customer bertujuan untuk kemajuan perusahaan.
2. Saran
Apabila di benak rekan-rekan sekalian ada hal-hal atau pikiran juga metode baru yang dapat meningkatkan kinerja karyawan demi memajukan perusahaan Alfamart, khususnya dapat kiranya langsung diajukan untuk selanjutnya diterapkan dan disebarluaskan.
WAWAN
